Pelatihan Pengemasan Produk

Posted By dekranasda | January 23, 2019 | No Comments

Amuntai – Belasan ibu-ibu yang memproduksi berbagai macam produk industri rumahan antusias mengikuti pelatihan teknis packaging/pengemasan produk IKM oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), bertempat di Showroom Dekranasda HSU, Selasa (22/1).

Pelatihan diisi dengan pemberian materi mengenai bagaimana cara untuk memperluas dan mengembangkan produk-produk olahan, seperti cara pengemasan yang menarik dan mudah, cara pemilihan merk produk yang tepat dan tidak melanggar ketentuan, perizinan, dan sebagainya.

Kabid Perindustrian Disperindagkop dan UKM Kabupaten HSU Muhammad Yani dalam sambutannya mengimbau kepada para peserta pelatihan untuk dapat menyimak kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, serta dapat menanyakan dan berkonsultasi dengan para narasumber pada kegiatan ini.

“Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan lagi kualitas pengembangan produk-produk IKM terkait olahan pangan yang nantinya dapat bersaing baik tingkat pasar lokal maupun pasar provinsi,” imbuh Yani yang juga merupakan Sekretaris Dekranasda HSU.

Sementara itu Ketua Dekranasda Kabupaten HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid saat membuka kegiatan ini mengatakan, Kabupaten HSU banyak memiliki potensi, baik pertanian, peternakan, perikanan, dan perkebunan yang bisa diolah menjadi produk-produk panganan olahan, sehingga mempunyai nilai tambah.

“Oleh karenanya produk olahan tersebut supaya memiliki daya tarik terhadap konsumen baik rasa dan kemasannya, sehingga kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pengembangan hasil produksi itu sendiri,” lanjutnya.

Anisah menambahkan, dengan adanya pelatihan ini diharapkan nantinya para IKM pengolahan produk pangan dapat menghasilkan produk yang baik dan menarik sehingga akan dapat berkembang menjadi salah satu kekuatan ekonomi rakyat yang tangguh seperti produk-produk unggulan Hulu Sungai Utara yang lainnya.

“Para peserta yang mengikuti pelatihan ini diharapkan akan mampu menciptakan desain kemasan yang bagus, bervariasi, dan memiliki daya saing, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya, terutama industri pengolahan pangan di Hulu Sungai Utara,” tandasnya.

Di samping pemberian materi dari narasumber Dekranasda HSU, Disperindagkop dan UKM HSU juga menghadirkan narasumber dari Rumah Kemasan A&R-Adaro Tanjung yang memberikan materi mengenai cara yang tepat untuk pembuatan kemasan produk olahan, mulai dari merk, design yang unik, sampai olahan-olahan yang menarik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

LATEST NEWS

Sep 11, 2019

AMUNTAI - Ketua Dekranasda Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hj.

Read more

Sep 10, 2019

AMUNTAI - Bersama seluruh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Provinsi dan

Read more

Sep 02, 2019

JAKARTA - Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Kementerian Desa Pembangunan

Read more
FLICKER