Melalui Dekranasda, Pengrajin dan Pelaku UKM Diharapkan Bisa Pasarkan Produk secara Online

Posted By dekranasda | September 02, 2019 | No Comments

JAKARTA – Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Samsul Widodo berharap para pengrajin dan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) melalui binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dapat memasarkan produknya melalui perdagangan elektronik (e-commerce).

Demikian disampaikannya dalam kegiatan Dekranasda Go Online bersama Shopee yang diikuti para Admin Dekranasda dari berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Admin Dekranasda Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), di Kantor Shopee Jakarta, Kamis (29/8).

Samsul Widodo memaparkan besarnya keuntungan para pengrajin dan pelaku usaha apabila berjualan melalui e-commerce. Hal tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah untuk memperkenalkan sekaligus memasarkan produk unggulannya secara online, agak produk-produknya tidak hanya dipasarkan di daerahnya saja, tetapi juga bisa sampai ke international.

“Melalui Dekranasda, kita berharap pengrajin dan pelaku UKM di daerah bisa diarahkan untuk berjualan secara online. Untuk itu kita telah dan akan terus melakukan pelatihan-pelatihan e-commerce di daerah bekerja sama dengan Shopee. Apabila daerah ingin mengadakan pelatihan berjualan online, bisa menghubungi pihak Shopee,” terangnya.

Sementara itu, Radityo Triatmojo selaku Head of Government Relation Shopee Indonesia menjelaskan seputar e-commerce, dalam hal ini Shopee, mengenai keunggulan yang bisa diperoleh dengan berjualan secara online.

“Berjualan bisa di mana saja. Apabila berjualan online, yang penting bagaimana penyampaian kita agar barang tersebut dapat laku. Apalagi Shopee kini punya channel Kreasi Nusantara yang mana khusus diperuntukan bagi UKM binaan dengan produk dan brand lokal,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, para admin Dekranasda juga mendapat wawasan dan informasi terkait bagaimana cara membuat DIY Light Box dengan bahan kardus bekas agar dapat digunakan untuk background foto produk. Selain itu juga dijelaskan bagaimana cara membuat akun untuk berjualan secara online dan bagaimana mendapatkan gratis ongkos kirim (ongkir).

Melalui kegiatan ini, Dekranasda diharapkan bisa membina para pengrajin mengenai cara berjualan secara online yang menarik dan bisa laku di pasaran. (Diskominfo/indah)

Leave a Comment

Your email address will not be published.


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

LATEST NEWS

Sep 11, 2019

AMUNTAI - Ketua Dekranasda Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hj.

Read more

Sep 10, 2019

AMUNTAI - Bersama seluruh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Provinsi dan

Read more

Sep 02, 2019

JAKARTA - Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Kementerian Desa Pembangunan

Read more