Jukung Replika Dekranasda HSU Dibanjiri Pengunjung

Posted By dekranasda | July 22, 2019 | No Comments

JAKARTA – Dalam rangkaian Festival Budaya Banjar 2019 yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Jakarta, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bekerjasama dengan Dekranasda HSU berkesempatan untuk ikut memeriahkan event ini.

Sebanyak 41 armada replika jukung dihadirkan, di dalam jukung diisi berbagai kerajinan dan olahan, kuliner, dan hasil alam khas Kalimantan Selatan. Replika jukung ini dipamerkan di ruang kaca hingga halaman Gedung B Museum Nasional Jakarta.

Sontak kegiatan ini mengundang perhatian ratusan masyarakat hingga turis asing untuk menyaksikan berbagai macam kebudayaan Banjar, sekaligus mencicipi aneka kuliner sekaligus berfoto ria menggunakan baju adat yang ditampilkan masing-masing Kabupaten.

Kabid Pariwisata Disporapar HSU Marhamah dalam wawancara mengatakan pengunjung yang datang pada replika jukung Dekranasda HSU sangat antusias. Hal ini terlihat dari berbagai kuliner dan kerajinan tangan yang ludes diborong pembeli, bahkan ada banyak turis asing yang mampir.

“Kali ini Kabupaten Hulu Sungai Utara membawa berbagai kuliner khas, di antaranya apam hambuku, lupis, pais sagu, cincin talipuk, dan wadai duduitan. Tidak hanya itu juga ada kerajinan tangan masyarakat seperti tas ecek gondok dan tas purun. Alhamdulillah semuanya habis diserbu pengunjung,” terang Marhamah.

Marhamah berharap melalui kegiatan ini bisa memacu roda ekonomi masyarakat HSU terutama Usaha Kecil Menengah, agar HSU bisa dikenal di luar daerah bahkan di tingkat internasional.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati HSU H Abdul Wahid HK didampingi Wakil Bupati H Husairi Abdi juga ikut turun tangan melayani pengunjung yang datang, sambil menyuguhkan aneka kuliner dan kerajinan, bahkan ada yang ingin berfoto bersama menambah suasana keakraban semakin kental.

Adapun kegiatan lain yang ditampilkan dalam Festival Banjar 2019, yaitu Bazaar dan Expo, Parade Budaya Banjar dan Dayak Meratus, serta halal bihalal masyarakat. Sementara parade budaya akan digelar di area Car Free Day Bundaran HI Jakarta. (HUMPRO/Ami/Yusril)

Sumber : http://www.hulusungaiutarakab.go.id/jukung-replika-dekranasda-hsu-dibanjari-pengunjung/

Leave a Comment

Your email address will not be published.


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

LATEST NEWS

Sep 11, 2019

AMUNTAI - Ketua Dekranasda Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Hj.

Read more

Sep 10, 2019

AMUNTAI - Bersama seluruh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Provinsi dan

Read more

Sep 02, 2019

JAKARTA - Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Kementerian Desa Pembangunan

Read more